Musim Kemarau Produksi Ikan Petambak Ke Tempat Pelelangan Ikan Alami Kenaikan 

0

Subang, Kutipan-news.co.id – Wilayah Pantura Kabupaten Subang, Jawa Barat hingga kini belum kunjung turun hujan. Dampak kemarau panjang ini, namun produksi ikan darat para petambak di wilayah Pantura Subang dalam dua pekan terakhir alami peningkatan.

Salah satunya di Tempat Pelelangan Ikan Koperasi Perikanan Darat ( KPD ) Mina Langgeng Jaya, Desa Langensari, Kecamatan Blanakan, Subang. Pasokan ikan dari petambak ke pelelangan ikan ini alami kenaikan Kamis (16/5/24 ).

Menurut Manager KPD Mina Langgeng Jaya Ato Suanto hampir dua pekan terakhir ini pasokan ikan darat dari petambak ke pelelangan ikan mengalami kenaikan dibandingkan minggu sebelumnya.

“Secara keseluruhan memasuki musim kemarau ini pasokan ikan alami kenaikan ini di sebabkan musim ini berbarengan petani tambak panen pasokan ikan yang masuk kepelelangan di sini sehari mampu mencapai 2 kwintal ikan dan 70 kilo gram,” ujarnya.

Atopun menjelaskan, naiknya pasokan ikan segar dari para petambak dimusim kemarau  banyak petambak yang panen.

“Meskipun pasokan ikan segar dari para petambak naik dan harga masih terbilang normal,sehingga ikan segar bagi para bakul, tidak terjadi penurunan daya jual,” jelasnya.

Ditambahkanya meski petambak banyak yang panen ikan namun masih di temukan sejumlah kendala yakni masih banyaknya sejumlah saluran alami pendangkalan dan jalan usaha tani kondisinya perlu di perbaiki sehingga tingkat produksi ikan di tingkat petambak masih minim dan distribusi ikan dari tambak ke pelelangan masih terkendala karena insprastuktur saluran air dan jalan usaha tani yang masih perlu di perhatikan oleh dinas terkait persoalan ini yang hingga kini masih di keluhkan petambak, ungkapnya. (Ahdiyat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *