Disdikpora Akan Berikan Bantuan Leptop Untuk Tunjang UNBK di SMP Negeri se Karawang

0

KARAWANG – Untuk mempersiapkan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di tahun 2020 nanti Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) akan memberikan bantuan pengadaan laptop kepada beberapa sekolah SMP Negeri di Karawang.

Sekretaris Dinas Pendidikan, Cecep Mulyawan mengatakan pengadaan bantuan laptop tersebut sengaja diberikan sebagai persiapan untuk melaksanakan kegiatan UNBK pada tahun 2020 nanti. “ Hanya satu pertiga dari jumlah keseluruhan siswa peserta ujian. Karena UNBK dibuat 3 shift,” katanya.

Dia juga menjelaskan bahwa anggaran yang digunakan untuk pengadaan laptop tersebut dari berbagai sumber. Diantaranya APBD, bangub dan DAK. Pengadaan laptop diberikan hanya kepada SMP negeri di Kabupaten Karawang. “ Karena keterbatasan anggaran jadi swasta belum bisa diberikan bantuan,” ucapnya.

Di tahun 2020 nanti pihaknya menargetkan 100 persen sekolah baik SMP negeri dan swasta sudah bisa melaksanakan UNBK. Sementara pada tahun 2019, dari 163 penyelenggara ujian nasional di Karawang, baru 18 sekolah yang melaksanakan UNBK. “ Dari 18 sekolah itu 17 swasta dan negeri cuma 1,” terangnya.

Sementara Ketua Forum Komunikasi Kepala Sekolah (FKKS) SMP Kabupaten Karawang Asma mengatakan pemberian bantuan pengadaan laptop dinilai sangat kurang. Setiap sekolah hanya diberikan 20 unit laptop. Sementara kebutuhan untuk pelaksanaan UNBK setidaknya sepertiga dari jumlah siswa yang melaksanakan ujian. “ Persiapan untuk tahun 2020 agar nanti bisa UNBK. Tapi masih kurang karena dikasih 20 unit. Sementara jumlah murid sampai 400 lebih. Harusnya minimal 150 unit, sepertiga dari jumlah siswa,” ungkapnya.

Laporan : Yana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *