1.684 Lulusan Serjana dan Magister di Wisuda, Ini Pesan Rektor UNSIKA

0

Karawang, kutipan-news.co.id – Selama dua hari dari tanggal 17 – 18 Desember 2019 Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) menyelenggarakan wisuda bagi para lulusan S1 dan S2 yang dilaksanakan di Hotel Resinda Karawang.

Pada Wisuda kali ini Unsika mewisuda sebanyak 1684 orang lulusan. Jumlah wisudawan bila dilihat dari jenjang pendidikan terdiri dari lulusan program Sarjana 1.625 wisudawan, dan Magister 59 wisudawan.

Dikatakan Rektor UNSIKA, Prof. Dr. H. M. Wahyudin Zarkasyi, CPA, mengucapan terima kasih dan penghargaan secara khusus kami sampaikan kepada para orang tua dan wali yang telah mempercayai Unsika sebagai tempat putra-putrinya untuk menuntut ilmu.

“Terima kasih dan pengahargaan yang tinggi saya sampaikan kepada seluruh dosen dan tenaga kependidikan atas kerja keras dan kerjasamanya dalam mendidik mahasiswa, sehingga mereka berhasil menyelesaikan studinya,”ungkapnya dalam sambutan pidato dilokasi.

Ditambahkannya, sebagai lembaga formal perguruan tinggi berkewajiban menghasilkan tenaga kerja yang kompeten sekaligus siap menghadapi industri kerja seiring dengan kemajuan teknologi.

“Sebelum kami melepas, kami perlu mengingatkan bahwa gelar sarjana yang saudara diperoleh merupakan legalitas yang memiliki makna akademik dan nilai moral yang harus dijaga.

Karena itu, pada diri saudara melekat tanggung jawab akademik dan tanggung jawab moral secara akademik. Saudara harus menjadi sumber pencerahan bagi masyarakat.

Sedangkan secara moral, saudara harus dapat mempertanggungjawabkan gelar diploma, sarjana dan magister yang melekat pada diri saudara sehingga tidak disalahgunakan,”ulasnya.

Dipaparkannya, pada kesempatan itu dirinya berpesan sebagai tanda kasih sayang kepada para alumnus, meminta izinkan untuk mengutip buku Future Skills,dari Devin Fidler yang baru publish 2019.

“Berikut adalah skills yang dibutuhkan dimasa yang akan datang, Resilience (Kemampuan mental dan emosional dalam menghadapi krisis) Social Intelligence (Kemampuan untuk berhubungan dan beradaptasi dengan lingkungan secara baik) Cross-Cultural Competency (Kemampuan beradaptasi dengan berbagai budaya)Virtual Collaboration (Kemampuan untuk bekerja sama dengan team baik secara fisik maupun virtual).

Cognitive load management (Kemampuan untuk menyaring informasi yang penting dan memahami bagaimana cara mengolah informasi). Sense Making (Kemampuan untuk menentukan hal-hal mana yang harus disampaikan dan mana yang tidak perlu disampaikan secara logis) Novel and adaptive thinking (kemampuan berfikir dan mencari solusi serta memberikan respon dengan baik)

New-media literacy (Kemampuan untuk secara kritis mengevaluasi serta mengembangkan bentuk-bentuk media agar terjalin komunikasi yang persuasif).
Transdisciplinarity (Kemampuan untuk memahami konsep berbagai bidang ilmu yang saling terkait).

Design Mindset (Kemampuan untuk mengembangkan tugas dan proses kerja sesuai dengan outcome atau hasil yang diharapkan) Computational Thinking (Kemampuan untuk menerjemahkan perkembangan data yang begitu pesat atau big data sehingga dapat dipahami sesuai dengan konsep-konsep yang berlaku),”bebernya.

Rektor juga mengatakan belajar di kampus saja tentu tidak cukup, dirinya berharap kepada para alumnus agar terus tetap belajar dimanapun dan kapan pun tanpa mengenal waktu, usia dan tempat.

“Saya hanya bisa berpesan jangan berhenti untuk belajar dan tak lupa saya ucapkan terimakasih saya sampaikan kepada panitia dan seluruh civitas akademik Unsika yang telah menyiapkan penyelenggaraan wisuda ini dengan baik,”pungkasnya(red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *