Kepulangan Kloter Pertama Jamaah Haji Indonesia Disambut Kemenko PMK

0

Jakarta, Kutipan-news.co.id – Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Pendidikan dan Moderasi Beragama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Warsito menyambut kepulangan Kloter Pertama Jemaah Haji Indonesia, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, pada Selasa malam (4/7/2023).

“Saya mewakili Bapak Menko PMK untuk menyambut kedatangan Bapak Ibu sekalian ke tanah air yang telah melaksanakan ibadah haji kurang lebih 30 hingga 40 hari di tanah suci,” ucap Warsito dilansir kemenkopmk.go.id, Rabu (5/7/23).

Diketahui, sebanyak 374 jemaah kloter pertama tiba di Asrama Haji Pondok Gede pada hari ini. Total keseluruhan sebanyak 2.978 (13 gelombang kloter) Jemaah Haji Indonesia yang kemudian akan segera kembali ke tanah air.

Penyambutan Jamaah Haji Kloter Pertama turut dihadiri oleh Plh. Sekjen Kemenag Muhammad Ali Ramdhani, Plh. Dirjen PHU Kemenag Suyitno, Sekjen Kemenkes Kunta Wibawa, dan Asdep Moderasi Beragama Thomas Ardian Siregar.

Pada kesempatan itu, Deputi Warsito menyampaikan permohonan maaf apabila dalam pelayanan selama pelaksanaan haji tahun 2023 terdapat kekurangan, baik dalam hal keberangkatan, pelaksanaan dan kedatangan kembali ke daerah asal.

“Atas nama Pemerintah, sekiranya jika di dalam pelayanan ada kekurangan, ada kekhilafan mohon dapat dimaafkan,” ujarnya.

Deputi Warsito mengatakan, para jamaah haji telah mendapatkan bekal dan nasihat keagamaan yang utuh dalam pelaksanan ibadah haji. Karenanga, dia meyakini bahwa proses haji yang telah dilaksanakan adalah indikator baik dan menjadi modal dalam pembangunan manusia Indonesia.

“Mudah-mudahan proses yang telah dilaksanakan dalam ibadah haji menjadi sebuah modal kedepan para Jemaah Haji untuk menjadi warga negara yang baik, yang tauladan sebagai duta akhlak yang baik di masyarakat secara umum,” jelasnya.

Deputi Warsito juga berharap agar para jemaah haji dapat kembali berkumpul bersama keluarga masing-masing dengan tertib dan lancar dengan membawa semangat berbagi kebaikan dan meningkatkan ketaatan serta menambahkan rasa syukur kepada Allah SWT. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *