Puncak Arus Balik, Pangdam III/Siliwangi & Kapolda Jabar Dampingi Tinjauan Panglima TNI & Kapolri di KM 70 Tol Cikampek Utama

0

Karawang, Kutipan-news.co.id – Pangdam III/Siliwangi mendampingi kunjungan kerja Panglima TNI, Jendral TNI Agus Subianto SE dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di kantor Jasa Marga Cikampek KM 70 dalam rangka peninjauan arus balik mudik idul fitri 1445 H di jalur Tol Jakarta-Cikampek, Senin (15/4/24).

Peninjauan arus balik oleh Panglima dan Kapolri dilakukan melalui udara di ruas Tol Jakarta-Cikampek hingga Cipali, Jawa Barat.

Dalam konferensi persnya Kapolri mengatakan diprediksi akan terjadi kenaikan jumlah kendaraan sekitar 18 persen dari tahun sebelumnya. Oleh sebab itu, ia mengimbau jajaran dan segenap pemangku kepentingan untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

“Nanti malam adalah puncak dari arus balik dan harapan kita semua siap untuk memberikan pelayanan, sehingga potensi kenaikan tadi sudah diprediksi sekitar 18 persen dari tahun 2023 dan ini mau tidak mau menjadi PR (pekerjaan rumah),” ucap Kapolri saat konferensi pers di Kantor Jasa Marga KM 70 Tol Cikampek Utama, Jawa Barat, Senin.

Ia mengimbau masyarakat untuk menunda balik dari kampung halaman jika memungkinkan, mengingat kebijakan bekerja dari rumah (WFH) dan diskon tarif tol telah diberlakukan.

“Mudah-mudahan bila memang tidak harus malam ini, bisa memilih di hari berikutnya, di hari yang sudah diberikan. Ini untuk membantu mengurai,” katanya.

Kapolri memastikan semua pihak bersinergi dalam mengamankan pelaksanaan arus balik Lebaran 2024. Pasalnya, kata dia, mudik pada momentum Lebaran merupakan tradisi yang harus diamankan setiap tahunnya.

Di samping itu, Kapolri menyoroti survei Kementerian Perhubungan bahwa jumlah pemudik pada Lebaran 2024 mengalami peningkatan. Sebab itu, ia mengatakan bahwa semua pihak harus bersinergi.

“Mau tak mau kita harus bersinergi dengan seluruh stakeholder yang ada, baik dari perhubungan, Jasa Marga, Jasa Raharja, TNI, Polri, Kemenko PMK (Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan) dan rekan-rekan yang lain. Kita lihat semuanya bekerja dengan optimal,” ucap Listyo.

Lebih lanjut, Kapolri menyebut bahwa berdasarkan hasil laporan yang ia terima hingga hari ini, segala sesuatunya bisa dikelola dengan baik meski jumlah masyarakat yang mudik dan balik lebih tinggi dari Lebaran tahun sebelumnya.

“Dilaporkan Jasa Marga bahwa hari ini, H+2 dan H+3 dari sisi pengelolaan yang ada, jumlah yang balik termonitor bisa terurai dengan adanya keputusan WFH (bekerja dari rumah),” ujarnya.

Kunjungan kerja tersebut juga dihadiri oleh Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan, Muhadjir Efendi Menko PMK, Subakti Syukur Dirut Jasa Marga,

Rivan Ahmad Dirut Jasa raharja, Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus. Selain itu hadir juga Mayjen TNI Gabriel Lema, S.Sos Asops Panglima TNI, Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca Asops Kapolri, Mayjen TNI Yusri Nuryanto Danpuspom TNI, Brigjen Pol Aan Suhanan Kakorlantas, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko Kadivhumas Mabes Polri.

Wakapolda Jabar Brigjen Pol Bahriza, Kolonel Inf Bayu Sudarmanto, S.E. Danrem 063/SGJ, Letkol Inf Dede Hermawan Dandim 0604/Karawang, Letkol Arm Andi Achmad Afandi Dandim 0619/Purwakarta, AKBP Wirdhanto Hadicaksono Kapolres Karawang, AKBP Edward Zulkarnain Kapolres Purwakarta. (TM 11/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *