Dukung Program Ketahanan Pangan, KASAD Jenderal Maruli Lakukan Panen Raya di Subang

0

Subang, Kutipan-News.co.id -Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak melaksanakan panen raya padi diSubang Jawa Barat Kamis (19/4/2024).

Kegiatan penen raya tersebut dilaksanakan di lahan ketahanan pangan Kostrad seluas 30 Hektar di kawasan PT. Sang Hyang Sri Sukamandi Subang.

Dalam panen raya tersebut hasilnya melampaui target dari sebelumnya 7,5 ton perhektar, pada panen kali ini mampu mencapai 8 ton perhektar.

Dalam kunjungan kerja panen raya di Subang Kasad di dampingi Pangkostrad Letjen Muhamad Saleh Mustafa, memanen langsung padi dengan mengendarai Combine.

“Kegiatan Panen raya padi ini merupakan wujud nyata dari prajurit TNI AD dalam mengelola lahan-lahan pertanian di wilayah. Jajaran TNI AD bekerja sama dengan seluruh stakeholder di wilayah untuk mensukseskan program pemerintah dalam mengantisipasi terjadinya krisis pangan,” ujar Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Kasad menegaskan program yang telah dilaksanakan TNI AD ini merupakan tindak lanjut dari perintah Presiden RI untuk membantu kesejahteraan masyarakat dengan mengoptimalkan lahan-lahan kosong untuk ditanami tanaman pangan.

“Terkait pemanfaatan lahan tidur, seluruh jajaran TNI AD telah melakukan upaya untuk mengoptimalkan dan menghidupkan lahan kosong untuk di tamani dengan berbagai tanaman pangan dan hasilnya harus dapat dirasakan oleh prajurit dan masyarakat sekitar,” tegas Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Selain itu, program yang digagas TNI Angkatan Darat (AD) juga dalam rangka mendukung program ketahanan pangan yang dicanangkan oleh pemerintah pusat.

“Tentunya apa yang telah dilakukan Kostrad, sejalan dengan program unggulan TNI AD yang sedang berlangsung saat ini yakni TNI AD Manunggal Air,” ucapnya.

Program ketahanan pangan Kostrad juga dalam upaya penanggulangan stunting karena padi yang ditanam juga ada beberapa padi Nutrizinc untuk pencegahan stunting.

” Apa yang dilakukan TNI ini untuk mengatasi kesulitan masyarakat dan TNI harus hadir di tengah masyarakat yang sedang kesulitan serta bisa menjadi solusi dengan membuat aksi yang langsung menyentuh dan memberikan solusi pemecahan persoalan di masyarakat, termasuk persoalan stunting,” katanya.

Kasad juga menegaskan bahwa, dimana pun prajurit TNI berada dan bertugas akan selalu siap membantu kesulitan masyarakat.

“Sebagaimana tertuang dalam Tujuh Perintah Harian Kasad yang menyebut Angkatan Darat harus menjadi solusi di setiap kesulitan-kesulitan masyarakat apapun bentuknya,” ucapnya.

Lebih lanjut Jenderal Maruli menjelaskan, dalam merealisasikan program ketahanan pangan nasional, TNI AD memiliki target sebesar 8 juta hektar di bidang pertanian seperti padi dan jagung. Dengan rincian 1 juta hektar untuk penanaman padi, dan 7 juta hektar untuk penanaman jagung.

“Baik melalui proses pembinaan Babinsa, maupun pengaktifan kembali lahan kosong milik TNI, sehingga menghasilkan produksi padi,” jelasnya.

Menurut Jenderal Maruli, ada beberapa alasan yang membuat dirinya gencar merealisasikan ketahanan pangan. Salah satunya, sesuai arahan Presiden RI, TNI AD diminta turut membantu mensejahterakan pemerintah ditingkat daerah maupun pusat, dan mensejahterakan prajurit.

Selain melaksanakan panen raya, KASAD dan Pangkostrad juga melakukan percepatan tanam padi tahap II di lahan ketahanan pangan Kostrad seluas 150 hektar.yang berada di lahan ketahanan pangan Kostrad di wilayah Sang hyang sri.

Pada kegiatan itu, juga dihadiri Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Muhamad Saleh Mustafa, PJU Mabes TNI AD, Pangdam III Siliwangi, Kapolda Jabar, Danrem Sunan Gunung Jati, Dandim Subang, Kapolres Subang dan Pj. Bupati Subang. (Ahdiyat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *