Mayjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani Kunjungi Kodim 0604 Karawang Tinjau Pompanisasi Lahan Pertanian

0

Karawang, Kutipan-news.co.id – Kodim 0604/Karawang, Korem 063/Sunan Gunung Jati, Kodam III/Siliwangi mendapat kunjungan kerja dari Tim Ketahanan Pangan Mabes Angkatan Darat. Selasa (21/5/24).

Kunker tersebut dalam rangka Peninjauan Pompanisasi Lahan Pertanian Sawah di dusun Parung Kadali RT/RW 028/006, Desa Karanganyar Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang.

Staf Khusus KASAD/ Tim Ketahanan Pangan Mayjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos SH M.Han kepada awak media mengatakan, program ini diinisiasi oleh Menteri Pertanian yang mana diketahui bersama bahwa kementerian pertanian bekerja sama dengan TNI khususnya Angkatan Darat untuk mensukseskan program Ketahanan Pangan Nasional.

“Hari ini kami dari pusat langsung mengecek sejauh mana fungsi maupun hasil daripada pompanisasi tersebut, Alhamdulillah kita saksikan bersama tadi pompanya sudah bisa operasional dan memang sesuai dengan program dari kementerian pertanian satu poktan untuk sementara satu pompa yang diberikan bantuannya,” kata Mayjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos SH M.Han.

Program pompanisasi ini dengan tujuan untuk meningkatkan indeks tanam dari indeks tanam yang setahun dua kali menjadi tiga kali, yang satu kali tanam bisa menjadi dua kali bahkan yang tiga kali tanam bisa empat kali tanam.

Sambungnya, diketahui bersama kemungkinan besar pada bulan 6 sampai 9 nanti akan terjadi musim panas, maka untuk mengantisipasi musim panas tersebut kementerian pertanian membantu masyarakat dengan adanya program pompanisasi.

“Ini sinergitas antara TNI-Polri dengan pemerintah daerah maupun dengan para petani khususnya kita mendorong seluruh petani yang ada di wilayah untuk maksimal dan semangat untuk melaksanakan program ketahanan pangan di masing-masing wilayah khusunya yang ada di wilayah Kabupaten Karawang ini, karena kita ketahui bersama Karawang adalah lumbung pangannya Jawa Barat dan bahkan Nasional, besar harapan kami ini akan lebih besar lagi dengan adanya pompanisasi,”terangnya.

Khusus untuk wilayah Jawa Barat yang dialokasikan dari kementerian pertanian ada 10.000 pompa, 10.000 pompa yang terdistribusi nantinya ke seluruh para poktan maupun Kodim sebagai brigade alsintan yaitu brigade pompanya.

“Apabila teman-teman masing-masing poktan itu kekurangan pompa bisa lapor ke masing-masing Babinsa kemudian Danramil untuk meminjam pompa yang ada di masing-masing Kodim, tiap-tiap Kodim itu ada pompanya nanti dia bisa akan membantu bagi wilayah poktan yang masih kekurangan,”sambungnya.

Menurutnya, Indonesia akan kuat dan hebat apabila berkecukupan dengan pangan, maka dengan berkecukupan dengan pangan anak-anak kita, generasi penerus kita akan cerdas dan ke depan indonesia akan makmur dan sejahtera.

Kunjungan kerja dari Tim Ketahanan Pangan Mabes Angkatan Darat didampingi juga oleh Dandim 0604/Karawang Letkol Inf Dede Hermawan yang diwakili Kasdim 0604/Karawang Mayor Inf Jaja Jamaludin, Danramil 0412/Klari Kapten Inf Beneami Hulu Pasiops Dim 0604/Karawang Kapten Inf Adnan, Pasiter Dim 0604/Karawang Lettu Inf Kihajar W, Kabid Pertanian Distan Karawang, Kades Karanganyar, Nurdin, Ketua Gapoktan Karawang Baru II, Jana, Babinsa Desa Karanganyar Serka Yudi, Bhabinkamtibmas Aiptu Gultom, PPL Desa Karanganyar Tatang, Poktani Karawang baru 2 Desa Karanganyar. (Tm11/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *