Bupati Karawang Tak Setuju Tentang Rencana Pemerintah Hapus Amdal Dalam Syarat Izin Investasi

0

Karawang, kutipan-news.co.id – Cellica Nurrachadiana, Bupati Karawang tak setuju dengan rencana pemerintah menghapus Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) dalam syarat perizinan investasi. Menurut Cellica, Amdal tak perlu dihapus.

“Kajian Amdal itu sangat penting. Menurut saya, coba untuk dipertimbangkan lah. Karena (Amdal) itu berkaitan dengan kehidupan sosial masyarakat,” kata Cellica kepada Awak Media di Karawang, Senin, (11/11/19).

Cellica khawatir, jika Amdal dihapus bisa berdampak pada lingkungan hidup. Ia khawatir pembangunan bakal tak terkontrol dan menyebabkan maraknya alihfungsi lahan. Cellica juga khawatir lingkungan cepat rusak.

Lebih jauh, Cellica mencontohkan, perusahaan yang luasnya lebih dari 5 hektare. Untuk mencegah kerusakan lingkungan, perusahaan tersebut harus dipastikan aman dan tidak merusak lingkungan. “Misalnya begini, perusahaan limbah atau perusahaan terindikasi membuang limbah harus dicek dulu. Harus tes (sidang) Amdal dulu. Kalau dihilangkan gimana?” katanya.

Oleh karena itu Cellica berharap, gagasan menghapus Amdal dari syarat investasi dipikirkan secara matang dan mendengar aspirasi dari daerah. “Pada prinsipnya kita patuh dan taat pada (pemerintah) pusat. Tapi mudah-mudahan (pemerintah) pusat bisa mendengarkan aspirasi dari bawah (pemda). Karena ini berkaitan dengan lingkungan, itu kan penting,” tuturnya

Meski begitu, Cellica setuju jika Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dihapus dalam syarat perizinan. Sebab, investor perlu diberi kemudahan.

Ia juga paham jika pemerintah menyayangkan kalau ada investor yang akhirnya tak jadi menanamkan modalnya di Indonesia dan kembali ke negara asalnya karena dipersulit mengurus IMB. “Kalau IMB mungkin OK untuk layanan publik atau percepatan pembangunan,” kata Cellica.

Dikutip Dari Tempo.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *