Ribuan Kubik Eceng Gondok Tutupi Sungai Cimanuk, Petugas Gabungan Lakukan Normalisasi

0

Laporan : Andriawan.

Garut, kutipan-news.co.id – Ribuan kubik eceng Gondok yang tumbuh selama musim kemarau, menutupi permukaan sungai Cimanuk sepanjang 2 Kilometer, mulai dari bendungan Copong hingga kawasan Cimacan Tarogong.

Petugas gabungan yang terdiri dari BPBD, Dinas Sosial, Pemadam Kebakaran dan warga, melakukan normalisasi menggunakan alat manual guna mengatasi banjir.

Warga sekitar Sasa mengatakan, hawatir terjadi banjir saat musim penghujan, dirinya bersama petugas berupaya membersihkan eceng gondok dari permukaan sungai menggunakan alat manual. Bahkan sebagian warga nekad berenang masuk kedalaman sungai mencapai 3 meter.

“Ga takut berenang karena sudah biasa, susah ini bersihkannya harus sedikit-sedikit kedalamannya lumayan kurang lebih tiga meter,”katanya.

Ketua Tagana Garut Sana Santana mengatakan para kini petugas gabungan kini kesulitan mengevakuasi tumpukan eceng gondok, karena tercampur tercampur dengan sampah rumah tangga yang di buang warga.

“Normalisasi sungai Cimanuk ini akan dilakukan secara bertahap, dengan harapan mengantisipasi terjadinya banjir saat musim penghujan,”pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *