Sungai Citanduy Tasikmalaya Positif Tercemar Limbah, Air Menjadi Hitam Pekat dan Berbusa

0

Tasikmalaya, kutipan-news.co.id – Pasca terjadinya pencemaran di sungai Citanduy di Kampung Cipapagan, Kelurahan Sirnagalih, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya Jawa Barat, Petugas Dinas Lingkungan Hidup langsung memeriksa aliran sungai.

Dari hasil peninjauan dan pemeriksaan air sungai memiliki dua jenis warna, dan positif telah tercemar oleh limbah salah satu pabrik.

Menurut Kabid Pengendalian Pencemaran Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya Dedi Mulyana  mengatakan, dari hasil pemeriksaan dari dua tempat dihulu dan hilir, petugas menemukan dua warna air yang berada, terutama di permukaan hulu terlihat jernih bahkan ikan bisa terlihat, Namun dikawasan hilir nampak warna permukaan air lebih hitam.

“Kami langsung memeriksa kondisi air dan aroma air yang berada di lokasi, dengan cara mengukur PH air, dari hasil pemeriksaan tersebut langsung bisa dinyatakan bahwa sungai Citanduy positif tercemar limbah salah satu pabrik,”ungkapnya.

Sebelumnya warga Cipapagan merasa resah, setelah pada hari Sabtu lalu tiba – tiba aliran sungai Citanduy yang biasanya digunakan oleh warga, berwarna hitam pekat, bau hingga berbusa.

Reporter : Andri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *