Jelang Turnamen di Portugal, Timnas Pelajar U-15 Berlatih di Bandung

0

Laporan : Saifal

Bandung, kutipan-news.co.id – Tim nasional pelajar Indonesia memilih Kota Bandung sebagai tempat pemusatan latihan jelang turnamen Ibercup Elite 2020 yang akan digelar di Portugal. Sebanyak 15 pemain diboyong pelatih Rocky Putiray untuk digembleng teknik bermain dan mental di Sesko TNI AD.

Rocky mengatakan, anak asuhnya memiliki waktu empat bulan sebelum mengikuti turnamen tersebut pada April 2020 mendatang. Meski waktu yang tersisa cukup banyak, menurut dia anak asuhnya harus berlatih lebih keras lagi karena lawan yang akan dihadapi jauh lebih baik dibanding turnamen yang diikuti sebelumnya.

Dia menjelaskan, tim nasional pelajar berhak mengikuti Ibercup Elite 2020 karena mampu meraih juara ketiga pada pada Ibercup 2019 yang juga digelar di Portugal. Tim besutan mantan pemain Persija Jakarta itu meraih capaian tersebut setelah mengalahkan perwakilan dari Spanyol, Portugal, Perancis, dan Amerika.

“Sekarang Ibercup Elite (2020). Tim yang dihadapi jauh lebih baik. Jadi kalau di liga, kemarin kita liga 2, sekarang naik ke liga 1,” katanya usai memimpin latihan di Lapang Sesko TNI AD, Jumat (22/11).

Menurut dia, nantinya lawan yang akan dihadapi tim nasional pelajar pada turnamen tersebut memiliki kualitas jauh lebih baik karena berasal dari akademi klub-klub besar dunia seperti Manchester United, Real Madrid, dan Barcelona. “Jadi kualitasnya jauh lebih bagus,” katanya.

Namun, Rocky mengaku tak gentar meski harus melawan akademi tim-tim besar tersebut. Bahkan, dia memasang target kemenangan dalam setiap pertandingan yang akan dihadapi.

“Kami akan berusaha meraih kemenangan dalam setiap pertandingan,” katanya. Oleh karena itu, Rocky berharap di Bandung bisa mendapatkan lapang terbaik yang bisa dipergunakan untuk melatih anak asuhnya tersebut.

Dia menilai, kualitas lapang sepakbola Sekolah TNI AD jauh lebih baik dan terawat. “Ini salah satu lapangan terbaik. Terima kasih kepada Seskoad TNI sudah memberikan dukungan tempat lapangan,” katanya.

Sebelum berlatih, pada kesempatan ini tim nasional pelajar Indonesia diterima Komandan Sekolah Staf TNI AD Mayjen. Kurnia Dewantara. Selama sekitar 30 menit atlet dari berbagai provinsi di Tanah Air ini mendapat arahan dan motivasi dari Kurnia.

“Saya sengaja menyambut adik-adik ini pakai seragam dinas. Karena saya akan bertemu dengan pahlawan negara,” katanya.

Kurnia mengapresiasi prestasi yang diraih anak asuh Rocky pada Ibercup 2019. Dia juga meminta para atlet tersebut tidak mudah puas dengan capaian yang diraih.

“Harus tetap berlatih keras dan hati-hati dalam memilih pertemanan,” kata Kurnia. Manajer tim nasional pelajar Indonesia Rei Manurung mengatakan, para atlet remaja itu akan menjalani pemusatan latihan di Bandung selama empat bulan.

Selain dilatih teknik dan fisik, menurutnya kelima belas duta bangsa itupun akan ditempa mentalnya. “Seskoad ini juga pencetak pemimpin bangsa. Jadi kami juga berharap para atlet ini memiliki mental yang kuat,” katanya.

Tim nasional pelajar ini merupakan hasil penjaringan dari Liga Kemenpora seri Nasional 2018. Mereka terpilih setelah berhasil menyingkirkan sekitar ribuan pesepakbola yang mengikuti seleksi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *