Ribuan Bambu di Tanam di Bantaran Sungai Citarum

0

Karawang, kutipan-news.co.id – Sebanyak 1.080 batang pohon bambu ditanam di sepanjang bantaran Sungai Citarum yang berada di Desa Medangasem Kacamatan Batu Jaya Karawang Jawa Barat.

Berdasarkan pantauan, kutipan-news.co.id penanaman pohon ini dipimpin langsung oleh Dansektor 19 Citarum Harum Kolonel Inf Agoes Hari s dan diikuti warga beserta puluhan karyawan PT. Mitra Pinasthika Mustika Tbk (PT MPM).

Mereka turun langsung ke bantaran Sungai untuk melakukan penanaman. Satu per satu batang pohon bambu pun di tanam di bantaran sungai sepanjang 4 kilometer.

Kegiatan dengan tema “Thousand Bamboos For Citarum” ini juga merupakan bagian dari program CSR perusahaan PT MPM yang ikut peduli terhadap suksesnya program Citarum Harum.

“Kita tidak mungkin bisa berdiri sendiri dalam mensukseskan program Citarum. Artinya, kita juga butuh peran serta utamanya masyarakat, termasuk peran swasta seperti PT MPM ini, ” ujar Komandan Sektor 19 Citarum Harum Kolonel inf Agoes Hari S.

Agoes mengungkapkan penanaman pohon ini dilakukan untuk penghijauan di bantaran sungai. Sebelumnya penanaman pohon juga telah dilakukan, seperti menanam pohon trembesi dan pohon mangga.

Kurang lebih sudah sebanyak 12 ribu batang pohon ditanam di bantaran sungai terutama di wilayah sektor 19.

Agoes juga menargetkan sebanyak 52 ribu pohon nantinya bisa di tanam di pinggiran sungai

Nantinya pohon-pohon tersebut diharapkan dapat menahan erosi tanggul sungai selain adanya nilai ekonomis bagi warga.

“Alih fungsi lahan yang terjadi di sepanjang bantaran sungai Citarum telah menyebabkan erosi dan banjir.
Di tahun 2016 , lokasi ini pernah mengalami banjir besar akibat jebolnya tanggul sungai hingga merendam ratusan .Maka, Kita berharap pihak swasta lainnya akan bisa mendukung program Citarum harun” ujar Agoes.

Tak hanya satgas Citarum, warga serta puluhan karyawan PT MPM yang tampak antusias dalam kegiatan penanaman ribuan pohon ini, kegiatan ini juga diikuti oleh pihak manajemen PT MPM.

Selaku GM CSR & CorCom PT. MPM Natalia Lusnita, berharap dengan penghijauan ini masyarakat terutama yang berdekatan dengan bantaran sungai dapat sadar dengan kondisi lingkungan sungai Citarum saat ini.

Apalagi menurutnya, sungai Citarum yang merupakan sungai terpanjang di Jawa Barat ini kini telah menjadi perhatian semua pihak, termasuk oleh Presiden Joko Widodo.

” Seperti kita ketahui, sungai Citarum kan telah menjadi perhatian ya, termasuk akan pencemarannya. Maka dengan ini kita ingin konsen dan membantu dalam suksesnya program Citarum. Tapi kita juga berharap Masyarakat bisa ikut peduli dengan adanya kegiatan penghijauan ini. minimal ikut merawat pohon yang kita tanam,” harap Natali.

Salah satu warga, Usup sangat antusias mengikuti kegiatan penghijauan ini. Menurutnya, kegiatan penghijauan itu sangat positif dan harus dilakukan secara berkelanjutan(red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *