Penjabat Bupati Purwakarta Lantik Puluhan Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas dan Pejabat Fungsional

0

Purwakarta, Kutipan-news.co.id – Penjabat (Pj) Bupati Purwakarta Benni Irwan melantik dan mengambil sumpah janji jabatan puluhan Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas dan Pejabat Fungsional di lingkungan Pemkab Purwakarta, bertempat di Bale Maya Datar, Rabu (3/7/2024).

Puluhan pejabat yang diambil sumpah jabatannya itu terdiri dari Pejabat Administrator sebanyak 33 orang, Pejabat Pengawas 48 orang dan Pejabat Fungsional Tertentu sebanyak 13 orang.

Sementara untuk pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan yang dilantik dan diambil sumpah janji jabatannya ada sebanyak 68 Kepala Sekolah SD dan SMP dan 28 Pengawas Sekolah. Dari Dinas Kesehatan, ada 8 orang Kepala Puskesmas yang juga dilantik.

Pelantikan dilakukan dalam dua sesi, sesi pertama untuk pejabat administrator dan pejabat pengawas dan pejabat fungsional tertentu. Dan sesi kedua, pelantikan pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan, yang terdiri dari Kepala Puskesmas, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah.

Dalam keterangannya, Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan mengucapkan selamat kepada pejabat yang telah dilantik. Ia juga berharap kinerja seluruh perangkat daerah dapat lebih maksimal. Menurutnya, promosi dan rotasi ini merupakan usulan dari Baperjakat dan telah melalui berbagai pertimbangan dan dikonsultasikan dengan Kementerian Dalam Negeri.

“Kewenangan penjabat bupati tidak sama dengan bupati definitif, kita tidak boleh melakukan mutasi, tidak boleh pemekaran wilayah, tidak boleh perubahan perijinan, tidak boleh mengeluarkan kebijakan strategis, tanpa rekomendasi atau ditandatangani oleh Menteri Dalam Negeri,” kata Benni Irwan.

Menurutnya, pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan ini merupakan langkah atau kebijakan yang diambil untuk mengisi kekosongan jabatan yang ada di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta dengan catatan, karena jabatan belum terisi, ada yang pensiun, ada yang promosi dan lain sebagainya.

“Kita lakukan pengisian dengan pejabat-pejabat yang baru, dalam arti kata ada yang promosi dan juga posisi-posisi yang lain, ada yang kita rotasi juga,” kata Benni.

Benni juga mengungkapkan bahwa tujuannya dari penyegaran ini adalah untuk memastikan agar roda penyelenggaraan program dan kegiatan di setiap perangkat daerah tetap berjalan dengan baik, sehingga target-target kinerja yang ada di masing-masing perangkat daerah dapat tercapai, tentu yang paling utama semua harus sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan.

Sebelumnya, Benni juga telah melakukan cek dan ricek langsung kepada seluruh perangkat daerah, ia berpesan kepada para ASN Pemkab Purwakarta untuk selalu memberikan layanan terbaik bagi masyarakat, karena hal itu adalah tujuan utama kinerja ASN sebagai abdi negara, yaitu pelayan masyarakat. (Nana CK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *